Rabu, 06 Maret 2013

MEMBUAT BBM DARI LIMBAH PLASTIK

32. Teguh Fahrurroji. 9A

Hy sahabat blogger... Aku Teguh F, punya suatu info yang menarik nich buat kalian tentang pemanfaatan limbah plastik.

Limbah plastik bisa dijadikan bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan bermotor? Tentu sulit dipercaya. Tapi di tangan teman-teman dari SMK Negeri 3 Madiun, Jawa Timur, 1 kilogram limbah plastik bisa disulap menjadi sekitar 1 liter BBM.

Tentu kita penasaran kok bisa, ya? Caranya bagaimana? Kalo kepingen tau caranya,baca sampai akhir dong...

Ternyata proseimages pengolahan BBM dari limbah plastik cukup sederhana lho.....
Pertama-tama, cacah atau hancurin limbah plastik yang telah dikumpulkan. Limbah ini bisa berupa botol plastik bekas air minum atau bekas kemasan sampo. Setelah dicacah, limbah plastik dimasukkan ke dalam tabung penyulingan yang dipanaskan dalam suhu 250 sampai 400 derajat Celsius. Alat pembakaran ini dibuat dari bekas tabung gas elpiji yang berfungsi sebagai tabung pemanas atau pembakar. Tabung pemanas dihubungkan dengan pipa penyulingan yang terhubung dengan tabung penadah uap atau hidrokarbon. Uap yang dihasilkan dari pembakaran diambil dan didinginkan sampai cair dan menjadi minyak. Lalu, jernihkan untuk membedakan yang menyerupai bensin dan minyak tanah.

Nilai oktan BBM limbah plastik ciptaan SMK Negeri 3 Kota Madiun sudah mencapai 84-85 persen. Namun ini masih di bawah nilai oktan Premium yang mencapai 87-88 persen dan Pertamax yang bernilai oktan 91-92 persen. Makin tinggi nilai oktan BBM, semakin bagus kualitasnya untuk pembakaran mesin. Tau nggak pa tu nilai oktan???? Nilai oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan.

Meski belum sebaik Premium dan Pertamax, BBM dari limbah plastik ini pernah diuji coba untuk menjalankan mobil dan motor. Hasilnya, kendaraan bisa jalan, tetapi RPM mesin masih naik turun. BBM dari plastik ini harus disuling lagi untuk mengurangi kadar air, sehingga kualitasnya semakin bagus.

Jika penelitian ini bisa berhasil dengan baik, tentu pengolahan limbah plastik jadi BBM itu bisa mendatangkan keuntungan. Satu kilogram limbah plastik yang harganya sekitar Rp 500, jika diolah, bisa menghasilkan satu liter BBM seharga ±Rp 8000 lho guys..... Tapi yang terpenting, hal ini bisa mengurangi sampah plastik yang sulit didaur ulang dan sekaligus sebagai energi alternatif menggantikan bahan bakar dari fosil.

Sekian dulu info dari saya... Semoga bisa nambahin wawasan ya....
Disarikan dari Tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar