Kamis, 07 Maret 2013

KESEHATAN JANTUNG

07 AYUNDA LINGGA PRANOVA 9Aclip_image002

Jantung merupakan alat yang paling vital bagi tubuh kita, karena Jantunglah merupakan pusat kehidupan kita, jika jantung sudah berhenti berdetak, maka kehidupan sebuah tubuh sudah tidak ada lagi. Jantung adalah organ berupa otot, berbentuk kerucut, berongga dan dengan basisnya di atas dan puncaknya di bawah. Apex-nya (puncak) miring ke sebelah kiri. Berat jantung kira-kira 300 gram. Agar jantung berfungsi sebagai pemompa yang efisien, otot-otot jantung, rongga atas dan rongga bawah harus ber kontraksi secara bergantian.

Penyakit Jantung Manusia

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner atau penyakit arteria koroner.. Penyebabnya adalah penyempitan pada pembuluh darah koroner, dimana pembuluh ini berfungsi untuk menyediakan darah ke otot jantung.

Gejala Penyakit Jantung manusia

  • nyeri dada,
  • sesak napas,
  • jantung berdebar.

TIPS MENJAGA KESEHATAN JANTUNG :
<-> Stop Rokok

Mengisap rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat.

<-> Pola makan sehat

Hindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung. Kurangi menyantap makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak, sebaliknya makanan dapat diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.  Jaga pola makan tidak berlebihan agar terhindar dari kegemukan, karena seseorang yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm, berisiko lebih besar terkena penyakit ini.

<-> Cegah Stres Menimpa anda

Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.

<-> Olahraga Secara berkelanjutan

Anda dapat melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. Kegiatan olahraga yang bukan bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Hari Jantung Sedunia

Dunia pun sangat care terhadap penyakit jantung ini, makanya pada setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari jantung sedunia. Banyak cara menekan munculnya faktor risiko penyakit jantung, Asalkan masyarakat dunia memulai kebiasaan gaya hidup sehat dari lingkup terkecil, yakni rumah dengan memastikan asupan makanan yang sehat bagi diri sendiri dan keluarga.

Untuk memudahkan masyarakat memulai kebiasaan “Ber Gaya Hidup Sehat”, Yayasan Jantung Indonesia mempunyai akronim SEHAT melalui tahapan kegiatan yang tercakup dalam Panca Usaha Jantung SEHAT, yaitu:

  • Seimbang gizi,
  • Enyahkan rokok,
  • Hadapi dan atasi stress,
  • Awasi tekanan darah,
  • Teratur berolahraga.

Sumber: http://www.pustakasekolah.com/artikel-kesehatan-jantung.html

0 komentar:

Posting Komentar