Kamis, 07 Maret 2013

Menjaga Kesehatan Mata

02 Alfi Hidayati 9A

image

Mari kita sadar akan kesehatan mata kita, terkadang saat banyak aktifitas kita tak peduli jika mata kita sudah lelah, ikutilah tips-tipsnya .
Tips untuk menjaga kesehatan mata . Mata penting bagi kehidupan kita. Mata adalah organ tubuh yang berharga dan vital karena 80 persen kehidupan tergantung pada mata. Mata juga menjadi jendela otak ke dunia dan sebaliknya. Untuk itu, mata layak mendapat perhatian besar. Tentunya mata harus dijaga supaya tetap sehat. Untuk menjaga kesehatan mata kita tidaklah sulit.
Mata yang sehat akan membuat hidup bahagia. "Dengan mata yang baik dan sehat, Anda bisa tetap beraktivitas, berkarya, dan tidak menjadi beban keluarga maupun masyarakat, sehingga hidup men jadi berkualitas. Karena itu, mata harus dipalihara dengan baik. Ada sejumlah tips sederhana untuk menjaga kesehatan mata kita.

* Lakukan pemeriksaan mata secara rutin

Bukan hanya gigi yang perlu rutin dipriksa seliap 6 bulan sekali. mata juga harus diperiksa secara berkala. Pemeriksaannya pun sebaiknya di dokter mata. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan pemeriksaan yang komprehensif dan menyeluruh, sehingga bila ada gangguan atau penyakit dapat segera terdeteksi.
Banyak masalah mata seperti glaukoma, penyakit mata diabetik, degenerasi makular terkait usia (AMD), yang muncul tanpa peringatan. Pemeriksaan mata menyeluruh menjadi cara mendeteksi penyakit dalam stadium dini. Selama pemeriksaan, dokter akan meneteskan obat ke mata untuk melebarkan pupil agar dapat menerima lebih banyak cahaya yang masuk. Cara itu akan memungkinkan dokter melihat bagian belakang mata dan memeriksa setiap tanda kerusakan atau penyakit.

* Mengatahui riwayat keluarga

Ketika ada salah Searang anggota keluarga yang memiliki masalah kesehatan dengan mata. Anda harus waspada. Itu berarti Anda bisa memiliki risiko untuk mengalami penyakit yang sama. Sebelum teriambat, ada baiknya mengecek atau mendiskusikan riwayat kesehatan keluarga, termasuk mata, dengan anggota keluarga lain, mengingat sejumlah penyakit mata didapat karena diturunkan.
Glaukoma misalnya, bila ada riwayat keluarga dengan glaukoma, kemungkinan menderita glaukoma 4-8 kali lebih tinggi. ltu sebabnya, riwayat kesehatan mata pada keluarga menjadi penting untuk membantu menentukari apakah kita berisiko lebih tinggi untuk terjadinya penyakit mata atau tidak.

* Konsumsi makanan bergizi

Wortel biasanya akan disebut begitu ditanya soal makanan yang baik untuk penglihatan. Sebenarnya konsumsi makanan kaya buah dan sayur, terutama daun hijau tua seperti bayam, juga baik dalam menjaga kesehatan mata. Sementara itu, penelitian menunjukkan manfaat kesehatan bagi mata dari konsumsi ikan yang kaya asam lemak omega-3, sep arti tuna dan salmon. Konsumsi makanan yang mengandung beragam zat gizi yang dibutuhkan mata dapat membantu menjaga mata kita tetap sehat.

* Menjaga berat badan sehat

Kelebihan berat badan dan kegemukan tidak hanya meningkatkan risiko untuk munculnya beragam penyakit, seperti diabetes dan kondisi sistemik lainnya. Tidak hanya berdampak bagi kesehatan tubuh, tetapi bisa menyebabkan kehilangan penglihatan, misalnya penyakit penyakit mata diabetik atau glaukoma.

* Menggunakan pelindung mata

Saat berolah raga atau melakukan aktivitas di sekitar rumah, hendaknya gunakan kacamata pelindung. Saat bermain squash misalnya, sangat dianjurkan menggunakan pelindung mata.

* Berhenti merokok
Merokok bukan hanya tidak baik bagi mata, tetapi juga seluruh tubuh. Penelitian telah menghubungkan merokok dengan meningkatnya risiko degenerasi makular terkait usia, katarak, dan kerusakan saraf optik. Semua faktor tersebut bisa menyebabkan kebutaan.

* Pakai sunglasses

Saat ini sunglasses sudah menjadi bagian dari aksesori berbusana. Selain untuk bergaya, ada manfaat penting yang diperoleh dari pemakaian sunglasses, yaitu melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet. Ketika membeli sunglasses, pastikan yang dapat menghalangi 99-100 persen radiasi UV A dan B.
Upayakan juga agar sunglasses pas dengan wajah dan cukup besar, sehingga dapat melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet dari berbagai sudut Untuk men am bah manfaat perlindungan, tambahkan topi lebar ketika sedang berada di luar ruang. Sunglasses ditambah topi lebar akan membantu menghambat sinar ultraviolet masuk ke mata baik dari samping maupun atas.

* Istirahatkan mata

Bila banyak meng habiskan waktu di depan komputer atau fokus terhadap satu hal. Anda kadang lupa mengedip. Akibatnya, mata menjadi lelah. Untuk menghindari kelelahan pada mata, lakukan istirahat mata dengan aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, pandang sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekrtar 6 m) di depan Anda selama 20 detik. Hal ini dapat mengurangi ketegangan mata.

* Biasakan mencuci tangan

Cuci tangan baik untuk menghindari sejumlah risiko infeksi. Jangan biasakan mengucek mata, apalagi dengan tangan kotor. Mencuci tangan dengan benar pun sangat dibutuhkan, terutama bagi pengguna lensa kontak. Pastikan tangan dalam kondisi bersih saat memasang atau melepaskan lensa kontak. Selain itu, pastikan pula kalau lensa kontak telah dicuci bersih sesuai instruksi dan ganti bila sudah waktunya.

Sumber: http://bacasitus.blogspot.com/2012/09/tips-untuk-menjaga-kesehatan-mata.html

0 komentar:

Posting Komentar