Kamis, 07 Maret 2013

7 Tips Mengatasi Rasa Malas Belajar

image

Zaman sudah semakin maju. Kemajuan tersebut menuntut masing-masing individu untuk tampil sebagai individu yang berkualitas dan unggul. Hal itu dilakukan agar mampu bertahan di tengah persaingan global dan penyesuaisan terhadap perkembangan zaman. Maka, tak heran jika di era globalisasi saat ini berlaku nilai, siapa yang mampu dan produktif dalam belajar, dialah yang akan berhasil. Belajar memang menjadi hal penting yang harus dilakukan. Jika berbicara di ranah pelajar, seorang pelajar tidak akan mampu mencetak prestasi tanpa melalui proses belajar. Demikian pula dalam mengasah potensi non akademik. Semuanya hanya bisa diraih setelah melewati proses belajar.

Dalam proses belajar tersebut, ada satu hal yang bisa menghalangi seorang pelajar untuk giat belajar demi mencetak prestasi yang tinggi. Hal itu adalah sifat malas. Sifat malas merupakan sebuah sifat dimana seseorang merasa enggan untuk melakukan sesuatu yang seharusnya atau sebaiknya ia lakukan. Kelanjutan dari sifat malas adalah menolak tugas, tidak disiplin, tidak tekun, gemar menunda-nunda sesuatu, melepas tanggung jawab, dan lain-lain. Sifat malas akan sangat merugikan apabila dimiliki oleh seorang pelajar. Pelajar akan kehilangan gairah belajar, kemudian mengabaikan semua tanggung jawabnya. Akibatnya, pelajar yang bersangkutan tidak  akan memiliki daya saing tinggi karena tidak mempunyai kualitas yang terasah. Jika demikian, sifat malas belajar akan membuat seorang pelajar tidak mampu bertahan dalam persaingan global yang menuntut kualitas yang serba baik. Saya percaya, setiap pelajar ingin mencetak prestasi yang gemilang. Belajar adalah kuncinya. Namun apa yang harus dilakaukan apabila sifat malas belajar yang mengganggu itu tiba-tiba datang? Kalian tidak  mau dong terhalang untuk mencetak prestasi hanya gara-gara sifat malas? Nah, untuk mengatasi sifat malas belajar tersebut, silakan simak tips-tips dari saya berikut ini.

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa malas belajar :

1.      Tuliskan semua cita-cita dan target prestasi kalian dalam selembar kertas, kemudian, tempelkan kertas tersebut di tempat yang paling sering kalian lihat. Jika sifat malas itu tiba-tiba datang, baca kembali cita-cita yang telah kalian tuliskan tersebut, lalu visualkan dalam pikiran kalian mengenai indahnya hidup kalian apabila telah berhasil meraihnya. Namun juga harus diingat, ketika membacanya, kalian tidak boleh serta-merta hanya membaca. Kalian harus benar-benar menghayati apa yang telah kalian tuliskan. Bayangkan semua efek yang akan kalian peroleh dari apa yang bisa kalian raih. Sebagai contoh, bayangkan ketika kalian berhasil meraih cita-cita tersebut, kalian akan membuat orang-orang di sekitar kalian (orang tua, saudara, dan kawan-kawan) merasa bahagia dan bangga terhadap kalian. Namun sebaliknya, bayangkan juga ketika kalian gagal meraih cita-cita tersebut, kalian akan membuat mereka semua sedih, kecewa, dan sebagainya. Dengan begitu, sifat malas belajar yang tiba-tiba datang itu akan hilang dengan tingginya motivasi kalian untuk meraih cita-cita demi kebahagiaan orang-orang di sekitar kalian.

2.      Ubahlah suasana tempat belajar kalian. Sifat malas belajar juga dapat disebabkan karena perasaan bosan atau jenuh dengan suasana tempat belajar. Untuk mengatasinya, kalian dapat mengganti suasana tempat belajar tersebut dengan mengubah posisi meja belajar, atau mengubah posisi perabotan yang ada di tempat belajar (kamar) kalian. Selain itu, kalian juga bisa mengecat ulang tembok kamar kalian agar tercipta suasana yang baru. Jika perasaan malas tersebut belum juga hilang, kalian bisa berpindah tempat belajar. Misalnya, jika kalian terbiasa belajar di dalam kamar, kalian bisa pindah ke ruang tamu atau ke ruang tengah. Kalian juga bisa berpindah tempat belajar ke perpustakaan atau ke taman. Dengan begitu, sifat malas belajar yang datang dapat teratasi karena hilangnya perasaan bosan atau jenuh dengan suasana tempat belajar.

3.      Gantilah suasana belajar kalian. Selain tempat belajar, rasa malas juga dapat disebabkan oleh suasana belajar yang monoton. Misalnya, terlalu tegang atau terlalu serius dalam belajar. Untuk mengatasinya, kalian dapat memperbaharui suasana belajar dengan memainkan musik-musik instrument yang tidak mengganggu atau belajar sambil diselingi menonton TV. Tips tersebut bisa dilakukan apabila rasa malas belajar sudah mencapai puncak dan terasa sulit untuk diatasi. Namun demikian, belajar sambil mendengarkan musik atau menonton TV akan berisiko pada terganggunya konsentrasi belajar . Tetapi hal itu tidak akan menjadi masalah apabila kalian  mampu menempatkan diri. Misalnya, dengan memilih musik-musik yang tidak bising seperti musik instrument atau jika sambil menonton TV kalian bisa menikmati tayangan TV, namun jika sesi iklan tiba, kalian harus berkomitmen untuk menyelesaikan tanggung jawab kalian. Dengan begitu rasa malas belajar dapat teratasi karena berkurangnya rasa jenuh akibat suasana belajar yang monoton.

4.      Ubahlah metode belajar kalian. Rasa malas belajar juga dapat disebabkan oleh metode belajar yang menjenuhkan. Misalnya, jenuh karena belajar selalu dengan membaca buku, atau jenuh karena belajar selalu dengan mendengarkan penjelasan guru, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, kalian harus mengganti metode belajar tersebut. Jika kalian terbiasa belajar dengan membaca buku, cobalah menggantinya dengan belajar menggunakan media E-Learning. Jika terbiasa belajar dengan mendengarkan penjelasan guru, cobalah menggantinya dengan berperan menjadi guru yang menjelaskan materi kepada teman-teman di dalam kelas. Hal itu berlaku sebaliknya. Dengan mengganti metode belajar tersebut, kalian bisa mengurangi kejenuhan dan mengatasi rasa malas belajar.

5.      Belajar kelompok. Untuk mengatasi rasa malas belajar, kalian dapat menggunakan metode belajar kelompok. Namun perlu diperhatikan, dalam belajar kelompok pilihlah anggota kelompok yang memiliki minat belajar tinggi. Jangan memilih anggota kelompok yang berpeluang mengajak kalian untuk ramai dan tidak berkonsentrasi belajar. Hal itu dilakukan agar kalian dapat mengatasi rasa malas yang datang tersebut. Dengan belajar kelompok bersama teman-teman yang memiliki minat belajar tinggi, secara tidak langsung kalian juga akan termotivasi untuk tidak malas belajar. Pastinya kalian akan malu dong bermalas-malasan belajar sedangkan teman-teman yang lain sedang giat-giatnya belajar? Dengan begitu, perasaan malas belajar tersebut akan teratasi dengan belajar kelompok bersama teman-teman yang memiliki motivasi belajar tinggi.

6.      Datanglah ke pemukmiman kumuh atau komunitas anak jalanan. Ini adalah cara yang cukup ampuh  untuk mengatasi rasa malas belajar. Apabila rasa malas belajar tersebut tiba-tiba datang, cobalah kalian mendatangi pemukmiman kumuh atau komunitas anak jalanan. Mereka tidak seberuntung kalian. Mereka tidak mampu mengenyam pendidikan di sekolah karena hidup mereka yang susah. Dengan melihat dan mengamati aktivitas mereka, dalam diri kalian akan muncul motivasi belajar yang tinggi karena kalian tidak ingin memiliki hidup seperti mereka dan hal itu menjadi wujud rasa syukur terhadap Tuhan untuk kenikmatan dapat bersekolah.

7.      Mendekatkan diri kepada Tuhan. Cara tersebut adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi rasa malas belajar. Ini berlaku untuk semua jenis agama, tanpa ada pengecualian. Rasa malas belajar sejatinya muncul dari dalam diri kalian masing-masing. Jika kalian menyadari adanya kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh Sang Pencipta, maka rasa malas belajar tersebut dapat diatasi dengan mudah. Kalian hanya perlu meningkatkan kedekatan dengan Tuhan kemudian bersungguh-sungguh dalam berdoa supaya Dia menghilangkan rasa belajar belajar tersebut. Setelah itu, kalian cukup memberikan sugesti positif dalam diri agar kembali muncul semangat belajar yang tinggi. Jangan lupa, sebelum belajar bacalah doa terlebih dahulu, kemudian ucapkan syukur apabila belajar kalian telah rampung.

Nah, itulah 7 tips untuk menghilangkan rasa malas belajar dari saya. Selanjutnya, mari kita tingkatkan kualitas belajar kita ! Jangan biarkan bangsa lain berfikir, bahwa tidak ada anak pintar yang dilahirkan oleh Indonesia.  Tunjukan bahwa Indonesia mampu melahirkan anak-anak hebat seperti kita ! Sebagai wujud rasa cinta kita kepada Indonesia, belajar dan meningkatkan kualitas diri adalah kuncinya.

Sumber : rubel awk

0 komentar:

Poskan Komentar