Kamis, 07 Maret 2013

Penyakit Rawan Sendi

 

04 Anindya Khumairo’ 9A

clip_image002

Penyakit rawan sendi merupakan salah satu penyakit yang disebabkan kerusakan fungsi dari tulang rawan sendi. Kerusakan fungsi tulang rawan sendi ini, bisa disebabkan banyak faktor salah satunya sering mengangkat atau membawa beban yang terlalu berat dan akibatnya tulang rawan sendi menjadi cedera dan terluka. Sakit rawan sendi ini mengakibatkan nyeri sendi yang sangat sakit dan berujung para penderita sulit melakukan aktifitas sehari-hari

- Jenis Penyakit Tulang Rawan Sendi

Menurut sumber yang dapat diterima dari dokter-dokter khususnya spesialis sendi, ada beberapa penyakit yang dapat mempengaruhi tulang rawan.

Chondrodystrophies adalah sekelompok penyakit yang ditandai dengan gangguan pertumbuhan dan osifikasi tulang rawan sendi tercantum dibawah ini.

Ø Osteoartritis : Tulang rawan sendi menutupi tulang (tulang rawan artikular) yang menipis, akhirnya benar-benar usang, menghasilkan “tulang terhadap tulang”, mengurangi gerak sendi dan nyeri sendi. Ost mempengaruhi sendi terkena stres yang tinggi dan karena itu dianggap hasil dari “keausan” daripada penyakit yang benar. Hal ini diperlakukan oleh antroplasti, penggantian sendi dengan sendi sintetik sering dibuat dari paduan Stainless Stell (kobalt chromoly) dan High Polyethylene Berat Molekul (HMWPE). Kondroitin sulfat, suatu monomer dari bagian polisakarida dari proteoglikan, telah terbukti mengurangi gejala osteoartritis, mungkin dengan meningkatkan sintetis matriks ekstraseluler.

Ø Trauma Pecah atau detasemen : Tulang rawan di lutut sering rusak, dan sebagian dapat diperbaiki melalui terapi penggantian tulang rawan lutut.

Ø Achondroplasia : ploriferasi kondrosit mengurangi di piring epifisis tulang panjang selama masa bayi dan kanan kanak.

Ø Costochondritis : Radang tulang rawan di tulang rusuk, menyebabkan nyeri dada

Ø Spinal Disc Herniasi : kompresi asimetris dari diskus intervertebralis pecah disc kantung seperti; menyebabkan herniasi dari isi yang lembut. Hernia sering menekan saraf yang berdekatan dan menyebabkan nyeri punggung.

Ø Kambuh Polychondritis : penghancuran, mungkin autoimun, tulang rawan terutama dari hidung dan telinga, menyebabkan pengrusakan. Kematian terjadi dengan sesak nafas sebagai laring kehilangan kekakuan dan runtuh.

Ø Tumor : Tumor terdiri dari jaringan tulang rawan, baik jinak atau ganas, bisa terjadi. Mereka biasanya muncul di tulang, jarang di pra-ada tulang rawan. Tumor jinak disebut chondroma dan tumor ganas disebut chondrosarcoma. Tumor yang timbul dijaringan lain juga dapat menghasilkan tulang rawan seperti matriks, yang dikenal terbaik pleomorfik adenoma kelenjar ludah. Matriks tulang rawan bertindak sebagai pencegah masuknya limfosit atau difusi imunoglobulin. Ini memungkinkan tulang rawan dari satu orang ke orang lain tanpa takut penolakan jaringan.

- Perbaikan Tulang Rawan Sendi

Tulang rawan memiliki kemampuan perbaikan terbatas, karena kondrosit terikat dalam kekosongan. Mereka tidak dapat berimigrasi ke daerah yang rusak. Oleh karena itu jika rusak, sulit untuk menyembuhkan. Juga, karena tulang rawan hialin tidak memiliki suplay darah, pengendapan matriks baru lambat. Rusak kartilago hailin biasanya digantikan oleh jaringan perut fibrocartilage. Selama tahun terakhir, ahli bedah dan ilmuwan telah mengembangkan suatu serangkaian prosedur perbaikan tulang rawan yang membantu untuk menunda kebutuhan akan penggantian sendi.

Sumber : puye.blogdetik.com

0 komentar:

Posting Komentar